Kamis, 16 November 2017

Surabaya Heritage Track, Memori Ketika Menjadi Turis di Kota Sendiri


House Of Sampoerna


Surabaya Heritage Track, Memori Ketika Menjadi Turis di Kota Sendiri



Mau jalan-jalan gratis sambil belajar sejarah kota Surabaya? Cobain yuk naik salah satu bus pariwisata kota Surabaya satu ini! Surabaya Heritage Track.
Setelah sekian lama cuma "Pengen" naik bis ini, akhirnya terwujudlah keinginan itu. Ada libur kerja sehari sebelum Idul Adha 2017 menjadi kesempatan saya untuk naik bis tersebut.

Caranya gampang, tinggal datang langsung ke House of Sampoerna di jalan Taman Sampoerna No. 6 Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya. Kemudian kunjungi bagian reservasi untuk kemudian ditulis data diri kita. Berhubung saya datangnya hari efektif, jadi pengunjung yang ingin naik bis ini sepi. Beda halnya kalau weekend, pasti full boked.

Bis ini beroperasi hari Selasa-Minggu dengan rute dan jadwal berbeda tiap weekday dan weekend. Jadwal ini bisa dilihat di https://houseofsampoerna.museum/e_sht_main.htm. Sengaja saya pilih rute siang, yaitu jam 13.00-14.00 ke Klenteng Hok Ang Kiong dan Museum Bank Mandiri.

Ditemani rekan saya Izzah dan Anita (LS), satu jam itu cukup menambah pengetahuan tentang dua tempat yang sudah dikunjungi. Sepanjang perjalanan pun kita akan diberitahu pula tentang beberapa bangunan dan tempat-tempat yang dilewati oleh guide yang berpengalaman.

Satu jam berlalu, sebenarnya ingin kembali naik rute berikutnya. Namun, di awal perjalanan sudah dijelaskan kalau satu orang hanya boleh naik satu rute saja. Kecewa sih pada awalnya, namun keberuntungan berpihak pada saya. Jumlah pengunjung yang sedikit membuat saya dan Mbak Izzah (Mbak Anita kali ini tidak bisa ikut) diperbolehkan mengikuti rute selanjutnya yaitu Kantor Pos Kebon Rojo-Gereja Kepanjen-Museum De Javasche Bank pukul 15.00-16.30. Sayangnya untuk rute ini tidak bisa mengambil gambar karena gadget sedang lowbat.

Rihlah, perjalanan singkat kali ini menunjukkan kuasa Ilahi dari sudut sejarah dan arsitektur jaman dahulu. Apapun bentuknya pastilah ada kelebihan dan kekurangan. Karena kesempurnaan hanya milik Sang Penguasa jagad raya saja. Bersyukur bisa refreshing gratis sambil belajar tanpa harus jauh-jauh ke luar kota. Tidak hanya turis domestik saja yang berminat, ada juga turis dari luar negeri yang ikut menikmati perjalanan dengan bis ini.

Yuk, coba wisata gratis ini! Bisa ajak anak-anak juga loh untuk menambah pengetahuan mereka.


~A Memory~


Menunggu keberangkatan bis


Suasana di dalam bis yang bersih dan nyaman


Klenteng tertua di Surabaya


Di dalam Museum Bank Mandiri


Spot foto di HOS


Spot Foto di HOS







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyusuri Mangrove Gunung Anyar - Amazonnya Surabaya

Menyusuri Mangrove Gunung Anyar - Amazonnya Surabaya Panas dan jarak yang jauh tak menyurutkan keinginan ku untuk datang ke Eco Mangrove d...